Posted by : Mieft Aenzeish Thursday, 28 March 2013


PENGERTIAN DAN DASAR HUKUM SHOLAT ~ oleh: fikrie



Prof. Dr. Amir Syarifuddin dalam Garis-Garis Besar Fiqh (2003: 20-21) mendefinisikan shalat secara etimologi dalam beberapa arti, diantaranya “do’a” seperti yang tercantum dalam surat At-Taubah ayat 103:

Dan berdo’alah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka.

Kata shalat juga bisa berarti “memberi berkah” sebagaimana yang tercantum dalam surat Al-Ahzab ayat 56:

Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi.

Shalat juga bisa berarti “takwa” (Thaha, 2007: 4) seperti yang tercantum dalam surat Thaha ayat 132:

Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan shalat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezki kepadamu, kamilah yang memberi rezki kepadamu. dan akibat (yang baik) itu adalah bagi orang yang bertakwa.

Kata taqwa di sini berarti orang-orang yang melakukan shalat, karena tatkala mencapai puncaknya, hal ini menjadi penyebab rezeki.

Secara terminology, shalat merupakan serangkaian perkataan dan perbuatan tertentu yang dimulai dengan takbir dan di sudahi dengan salam (Syarifuddin, 2003: 21).

1. Hukum dan Dasar Hukum Shalat

Hukumshalat adalah wajib ‘aini yang berarti kewajiban sholat ditujukan kepada setiap orang yang telah dikenal beban (mukallaf) ((Syarifuddin, 2003: 21). Adapaun dasar hukum shalat dapat dilihat dari beberapa segi:

a. Banyak sekali ayat-ayat yang menunjukkan perintah untuk mendirikan shalat baik dalam lafadz fi’il ‘amar seperti dalam Q.S. Thaha ayat 14:

Sesungguhnya aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, Maka sembahlah aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat aku.

Selain itu ada juga yang memakai lam ‘amar seperti dalam Q.S. Ibrahim ayat 37:

Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada Para Malaikat: "Sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, Padahal Kami Senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui."

b. Adanya dalil dalam Al-Qur’an yang berisi pujian dan janji baik yang diberikan kepada orang-orang yang mendirikan sholat seperti yang tercantum dalam Q.S. Al-Baqoroh ayat 5:

Mereka Itulah yang tetap mendapat petunjuk dari Tuhan mereka, dan merekalah orang-orang yang beruntung.

Ayat di atas merupakan jawaban dari ayat 3 dan 4 yang berbunyi:

3. (yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebahagian rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka.

4. dan mereka yang beriman kepada kitab (Al Quran) yang telah diturunkan kepadamu dan Kitab-Kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yakin akan adanya (kehidupan) akhirat.

c. Banyak celaan dan ancaman yang diberikan Allah kepada orang-orang yang meninggalkan atau melalaikan shalat, diantaranya dalam Q.S. Al-Maidah 4-5:

4. Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat,

5. (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya,

Sumber: http://id.shvoong.com/humanities/religion-studies/2363706-pengertian-dan-dasar-hukum-shalat/#ixzz2OquvyKku

Leave a Reply

Pijakilah Setiap yang Kau Baca dengan Komentar Manismu. (kertaskita.com)


Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

"jika kau bertanya sejauh mana cinta membuat bahagia, biarlah kukatakan kepadamu; tidak. cinta tidak membuatku bahagia dan tidak pula membuatku merana. ya, kerna bukan cinta yang membuatku bahagia, melainkan fakta bahwa engkau mencintaiku dan aku mencintaimu. bisa kaupahami ini?" ~ TIMUR SINAR SUPRABANA

Popular Posts

Blog Archive

Daftar Unggulan

Kumpulan Puisi Kiriman Sahabat sajak Timur Sinar Suprabana Mieft Aenzeish Puisi Sitok Srengenge ~SAJAK~: Setyo Widodo Cerbung Revalina Ranting Puisi WS. Rendra Puisi Chairil Anwar Puisi Hang Ws Karang Indah Karya Abdullah Nafeeza Al-Anshary Catatan Gunawan Budi Susanto Puisi Martinus Sihwanto Karya Heru Yogo Purnomo puisi Marlin Dinamikanto Egga Hardikta HUMOR Puisi Nano Suyatno Cerpen A.S. Laksana Puisi Beno Siang Pamungkas Puisi DG Kumarsana Puisi Eko Tunas Puisi GusMus Mp3 Download Gratis Puisi Mieft Aenzeish mp3 Download gratis Cerbung Vicio Rizky Muhammad Hasyim Puisi Klara Akustia BERTANYA KEPADA GUSDUR ~ oleh Nugroho Suksmanto BIOGRAFI SASTRAWAN INDONESIA Cerbung Rini Purnomo Pengertian Sastra Puisi Fasih Radiana Mp3 Puisi GusMus Sajak AD Donggo puisi Poetih Dekil Abdullah Ali Beno Siang Pamungkas Catatan GusMus Cermin Mieft Aenzeish Cerpen DP Anggi Cerpen Gunawan Budi Susanto {Kang Putu} Cerpen Nugroho Suksmanto DIALOG PRESIDEN oleh Poncowae Lou KISAH CINTA Kata-Kata Bijak Motifasi dan Renungan PARODI HUKUM INDONESIA Puisi Johar Arifin Art Puisi NWU Gabriel Genesis Puisi Poncowae Lou puisi Abdullah Ali ANTOLOGI CERPEN SAHABAT Catatan Marlin Dinamikanto Catatan Poetih Dekil Catatan Sitok Srengenge Cerbung Rindu Menemu Basuh Cerbung Veteran Yang Terabaikan Cerpen A.A. Navis Cerpen Dgkumarsana Kum Cerpen Fink RisQi Cerpen Mieft Aenzeish Download KBBI Terbaru 2013 E-Book Karya Harun Yahya E-Book ~ Ilmu Untuk Jadi Orang Kaya Kumpulan Esai Kiriman Sahabat Nabi Adam AS Puisi HY Purnomo Puisi Indah karya Gunawan Maryanto karya Putu Wijaya karya terbaik Jalaluddin Rumi
Copyright © 2012 - 2015 Sastra Indonesia |desain oleh Renadel Dapize