Pengertian dan Macam-Macam Seni (Update)

Pengertian dan Macam-Macam Seni

image by theodysseyonline.com


Aenze Blog - Pengertian seni pertama kali telah diutarakan oleh Aristoteles, bahwa seni adalah peniruan terhadap alam dengan tetap menjaga sifat idealnya atau disebut mimesis atau mimetric art (Seni mimetrik).

Pengertian seni diatas yang telah diutarakan oleh Aristoteles memang berdasar, karena menurutnya, manusia memang memiliki sifat alami dalam hal meniru sesuatu. Aristoteles percaya bahwa seni, seperti contohnya seni musik, merupakan tiruan dari harmoni dan ritme yang terdapat di lingkungan sekitarnya.  

Kemudian dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, manusia memberikan seni beberapa arti yang baru sesuai dengan perkembangan seni itu sendiri. Berikut ini beberapa pengertian seni yang telah dipaparkan di era modern ini :

J.J Hogman seorang budayawan dan penulis Buku The Word Of Man berpendapat, bahwa seni merupakan sesuatu yang memiliki unsur ide, aktivitas dan artifak.

Seni menurut Alexander Baum Garton, bahwa seni adalah keindahan dan seni adalah tujuan yang positif menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan.

James Murko berpendapat lain tentang Seni, bahwa seni adalah penjelasan rasa yang indah, yang terkandung dalam jiwa setiap manusia, dilahirkan dengan perantaraan alat komunikasi ke dalam bentuk yang dapat ditangkap oleh indra pendengar ( seni suara), penglihatan ( seni lukis ), atau dilahirkan dengan perantara gerak ( seni tari, drama).

Berikutnya menurut Hilary Bel, bahwa seni adalah istilah yang digunakan untuk semua yang dapat menggugah hati untuk mencari tahu siapa penciptanya.

Dan yang terakhir, pengertian seni yang dijelaskan oleh Ira Adriati, M.Sn (Dosen Seni ITB) yang merupakan salah satu pengertian seni yang menggabungkan beberapa pengertian seni oleh ahli-ahli lainnya bahwa seni adalah proses dan produk dari memilih medium, dan suatu set peraturan untuk penggunaan medium itu, dan suatu set nilai-nilai yang menentukan apa yang pantas dikirimkan dengan ekspresi lewat medium itu, untuk menyampaikan baik kepercayaan, gagasan, sensasi, atau perasaan dengan cara seefektif mungkin untuk medium itu.


Pengertian seni akan terus berubah seiring berkembangnya teknologi penciptaan rasa yang ada dalam diri manusia, oleh karenanya sekarang ini kita bisa menikmati berbagai macam jenis seni yang ada. Berikut ini macam-macam seni tersebut :


Macam-Macam Seni

Pada umumnya, segala sesuatu yang indah dan berkesan adalah seni. Cara menangkap sebuah kesan dan menghasilkan suatu kesan tersebutlah yang membedakan seni itu sendiri dan membuat beberapa macam seni yakni :


Seni Rupa

Seni rupa adalah sebuah hasil ciptaan kualitas, hasil ekspresi, atau alam keindahan atau segala hal yang melebihi sifat keasliannya serta klasifikasi berdasar objek-subjek terhadap kriteria tertentu yang diciptakan menjadi suatu struktur, sehingga dapat dinikmati menggunakan indera mata dan peraba. Pada intinya seni rupa adalah sebuah karya seni yang membuat bentuk sehingga dapat dinikmati oleh indera mata atau secara visual.

Seni Musik

Seni musik adalah hasil ciptaan manusia yang menghasilkan bunyi suatu ritme dan harmoni yang indah bagi yang mendengarkannya. Bunyi yang dihasilkan oleh seni musik dapat merupakan hasil dari suara manusia contohnya menyanyi, atau acapella atau bunyi dapat dihasilkan dari alat bantu seperti alat musik, contohnya gitar, piano dan alat musik lainnya.

Seni Tari

Seni tari adalah hasil ciptaan manusia yang mengkreasikan gerakan tubuh dalam menghasilkan keindahan bagi yang melihatnya. Dengan seni tari ini, manusia menggunakan bagian-bagian tubuh mereka seperti tangan, kaki, mata, dan anggota tubuh lainnya dalam mengkomunikasikan ekspresi rasa dan bentuk keindahan. Seni tari sering digabungkan dengan seni musik dan seni rupa untuk melengkapi keindahannya.

Seni Teater

Seni teater adalah hasil ciptaan manusia dalam memvisualisasikan imajinasi atau gambaran gambaran yang ada dalam pikirannya, yang berhubungan dengan tingkah laku manusia baik sebagai individu, kelompok ataupun masyarakat. Seni teater ini sering juga digabungkan dengan seni rupa atau seni musik dan bahkan, bisa juga memasukkan seni tari, sehingga pesan yang diinginkan dapat dengan mudah tersampaikan kepada penikmatnya.

Seni Sastra

Seni sastra adalah segala bentuk yang merupakan hasil daya kreasi manusia, yang bisa dinikmati dari segi  visual dan dari makna yang dimilikinya. Itu karena seni sastra menggambarkan suatu keindahan dalam bentuk kata kata, baik itu dituliskan ataupun disuarakan. Contohnya puisi dan kaligrafi.



Demikian tadi tentang Pengertian dan Macam-Macam Seni, semoga apa yang telah dijelaskan diatas dapat menambah ilmu dan pengetahuan bagi sahabat pembaca sekalian. Terima Kasih.


diringkas dari http://hariannetral.com


0 Response to "Pengertian dan Macam-Macam Seni (Update)"

Post a Comment

Pijakilah Setiap yang Kau Baca dengan Komentar Manismu.