KAU MEMANG PEMUDA DON QUIXOTE






Kau Memang Pemuda Don Quixote ~ Sajak AD Donggo


Kau memang pemuja Don Quixote
Yang kau anggap sebagai pahlawan
Namun terasing di negeri kau sendiri

Sedang aku pemuja para kalah yang
Tak menderaikan air mata setetes pun
Atau menadahkan tangan minta belaskasihan

Pada para tuan yang bertahta di sebelah lain bumi
Antara Don Quixote dengan para kalah
Tentu terbentang jarak yang tak tertempuh

Dalam membangun harga diri para kalah
Yang tak pernah takluk betapapun didera
Perut yang lapar atau keterbatasan yang
menghunjam.

Aku akui kau dengan Don Quixotemu
Adalah pemenang yang membangga diri
Dalam membangun butir-butir indah
Atas kehidupan di antara deraian air mata
Para miskin.

Namun kau berteriak persetan
Dengan para miskin, aku adalah aku pemuja
Don Quixote yang membimbing aku
Dalam melayari dan menikmati kehidupan
Yang kuperoleh dengan merendah dan menadahkan tangan
Inilah aku, teriakmu dengan bangga tanpa peduli